Swift

JENIS SAPI POTONG UNGGUL

Budidaya sapi potong sangat berpotensi besar untuk digalakkan di wilayah indonesia,mengingat kebutuhan akan konsumsi daging sapi yang semakin meningkat setiap tahunnya. dan untuk mencukupi kekurangan pasokan daging sapi pemerintah harus mengimpor dari luar negeri. maka dari itu dalam rangka memenuhi kuota daging sapi diperlukan upaya untuk memulai melakukan progam pemeliharaan dan penggemukan sapi potong di negeri sendiri guna mengurangi kuota import daging dan meningkatkan kesejahteraan rakyat pada umumnya.



Di berbagai wilayah di indonesia PT. NATURAL NUSANTARA telah bekerjasama dengan beberapa peternak penggemukan sapi potong dalam hal pemenuhan nutrisi, vitamin, protein dan mineral demi memperbaiki ekosistem peternakan dan mempercepat penggemukan sapi maupun ternak-ternak yang lain demi tercapainya pemenuhan pasokan daging dalam negeri. diantara produk nasa yang dipergunakan untuk penggemukan sapi dan ternak yang lain adalah VITERNA, POCNASA dan HORMONIK. dan 3 produk tersebut telah terbukti efektif untuk membantu penggemukan sapi.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa jenis sapi potong yang biasa di budidayakan oleh peternak sapi dan prospeknya sangat bagus untuk pemenuhan kebutuhan daging dalam negeri pada setiap tahunnya serta mampu meningkatkan taraf hidup para peternak sapi menjadi lebih baik.

BEBERAPA JENIS SAPI POTONG UNGGUL
Pada umumnya jenis sapi pedaging atau sapi potong adalah jenis sapi yang pelihara untuk diambil atau dimanfaatkan dagingnya. adapun ciri-ciri sapi pedaging ini adalah memiliki perawakan yang besar sehingga daging yang dihasilkan juga banyak. jenis sapi  yang sangat bagus untuk di budidayakan adalah sebagai berikut :

1. SAPI ANGUS


Sapi Angus merupakan jenis sapi pedaging unggul yang berasal dari negara inggris yang merupakan bagiandari daratan eropa. Dagingnya berkualitas bagus serta tidak banyak mengandung lemak itu adalah salah satu ciri khas sekaligus merupakan kelebihanyang dimiliki oleh SAPI ANGUS ini. sapi angus memeiliki perawakan tubuh yang sangat besar serta warna kulit hitam, sebagai ciri khas dari sapi ini. ciri khas yang lain dari sapi ini adalah sapi jenis ini tidak memiliki tanduk.

2. SAPI BEEFMASTER


Sapi Beefmaster merupakan hasil persilangan  antara sapi Brahman jantan dengan sapi Shorthorn betina atau juga sapi Hereford dari inggris. dengan perawakan tubuh yang besar serta memiliki punuk dan juga berbulu dengan warna coklat kemerahan, adalah ciri-ciri yang dimiliki sapi BEEFMASTER ini.

3. SAPI BRAHMAN


Sapi Brahman dari india adalah salah satu jenis sapi potong unggul yang banyak diternak di indonesia. Sapi ini memiliki ciri-ciri fisik yang dapat dikenali seperti berpunuk besar, memiliki gelambir di leher. umumnya sapi brahman ini memiliki warna bulu coklat, merah, abu-abu dan hitam.

4. SAPI CHAROLAIS


Sapi Charolais ini sapi yang berasal dari negara perancis, dan dikembangkan pertama kali di negara amerika serikat. sapi ini memiliki perawakan tubuh besar dan berbulu warna putih dan krem.

5. SAPI CHARBRAY


Sapi Charbray  adalah jenis sapi yang didapat dari persilangan antara sapi charolais dengan sapi brahman. sapi ini memiliki warna bulu adalah berwarna krem. serta memiliki punuk dan tanduk seperti brahman namun tanduk yang dimiliki hanya kecil.

6. SAPI DROUGHMASTER


Sapi droughmaster merupakan persilangan antara sapi shorton dari inggris dan sapi brahman dari india. sapi jenis ini banyak dikembangbiakkan di negara australia dan sapi ini memiliki ciri-ciri dengan perawakan tubuh yang besar dan mempunyai bulu coklat kemerahan diseluruh bagian tubuhnya sebagai ciri khas sapi ini.

7. SAPI BRANGUS


Sapi Brangus merupakan persilangan dari SAPI ANGUS dan SAPI BRAHMAN sehingga didapatlah keturunan sapi yang diberi nama SAPI BRANGUS. ciri yang membedakan antara sapi brangus dan sapi angus terletak pada tanduk kecil yang dimiliki oleh sapi brangus. sementara sapi angus tidak memiliki tanduk sama sekali di kepalanya, selebihnya ciri lainnya antara sapi brangus dan sapi angus mempunyai banyak kesamaan.

8. SAPI HEREFORD


Sapi Hereford adalah jenis sapi dari inggris yang memiliki tubuh kekar, panjang khas sapi dari eropa. sapi hereford memiliki corak warna tubuh yang khas terutama dari perut , kaki dan kepala sebagai ciri yang mudah untuk mengenali jenis sapi ini.

9. SAPI LIMOSIN ( LIMOUSIN )


Sapi Limosin adalah sapi yang berasal dari prancis yang bertanduk kecil dan melengkung, berbulu tebal berwarna merah dan bertubuh besar. sapi ini memiliki tingkat pertumbuhan diatas rata-rata sapi pedaging yang lain.

10. SAPI MURRAY GRAY


Sapi Murray gray berasal dari daerah murray di australia. sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi angus dengan sapi shorthorn dari inggris. perawakan tubuh sapi ini hampir mirip dengan sapi angus dengan warna buluke abu-abuan.

11. SAPI SHORTHORN


Sapi Shortorn berasal dari inggris, punggungnya lurus badan tidak begitu kekar, bertanduk kecil, memiliki corak bintik-bintik kecil serta berwarna putih dan merah.

12. SAPI SIMMENTAL


Sapi Simmental berasal dari negara Swiss, Eropa. perawakan tubuhnya kekar, mudah jinak. memiliki warna bulu coklat ditubuh dan samping leher, serta warna putih dibagian kepala dan bulu ditelapak kakinya.

13. SAPI ONGOLE


Sapi Ongole berasal dari India dan banyak dibudidayakan di Indonesia, memiliki gelambir di lehernya dan berukuran tubuh sedang dengan warna bulu putih, hitam.

14. SAPI PO ( PERANAKAN ONGOLE ) 


Sapi PO ( Peranakan Ongole ) adalah persilangan dari sapi ongole dengan sapi lokal jawa, Indonesia. memilikipunuk dan gelambir di lehernya yang mirip sapi ongole. dapat digunakan sebagai sapi pedaging dan sapi pekerja. karena ukurannya yang tidak sebesar sapi ongole maka sapi POini harganya juga lebih terjangkau.

15. SAPI ACEH


Sapi aceh  erupakan persilangan antara sapi ongole dengan sapi lokal yang berupa sapi aceh. dimana sapi aceh ini memiliki ciri khas  yaitu seperti  warna bulu merah kecoklatan serta berpunuk kecil.

Demikian artikel tentang jenis-jenis sapi pedaging unggul yang dapat di budidayakan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di indonesia khususnya dan seluruh dunia pada umumnya. serta beberapa produk dari PT.NATURAL NUSANTARA untuk meningkatkan pertumbuhan penggemukan sapi. yang diantarnya adalah VITERNA,POCNASA dan HORMONIK. demikian semoga bermanfaat dan sebagai panduan untuk menjadi seorang peternak yang baik.


Anda Mungkin Menyukai

4 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Kepada Yth :
    Bapak/Ibu

    Dengan hormat,

    Perkenalkan saya Ranti Syaftarianti Kamal dari PT. BINTANG ARTHAA TIRTAYASA SAKTI sebagai Marketing Exevutive.
    Kami adalah Supplier dan distributor untuk alat-alat peternakan dan CMR (susu pengganti). Adapun barang yang kami supply dari :

    1. JORGEN KRUUSE - DENMARK
    2. KERBL - GERMANY
    3. FUNKE GERBER - GERMANY
    4. SHINOVA - CHINA
    5. DENKAMILK - BELANDA

    Pelayanan cepat dan mudah. Harga yang kami berikan dapat bersaing. Kami sangat memperhatikan kebutuhan customer kami untuk peternakan.

    Kami lampirkan juga Product kami agar dapat dipelajari.

    Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    Hormat kami,
    PT. BINTANG ARTHAA TIRTAYASA SAKTI
    Ruko De Mansion No. 15E
    Jl. Jalur Sutera (Alam Sutera)
    Tangerang - BANTEN
    Telp : (021) 29 77 9347
    Hp : 0852 80 82 1601 (Ranti)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Using this amount, drop calculate the attached mortgage payments at a variety appealing rates:. canadian mortgage calculator Whether you might be a residential homeowner, commercial borrower, institutional investor or funding partner, Customer Forward is our promise to put the needs you have ahead of our own. mortgage calculator

    BalasHapus