Swift

PENYAKIT CACINGAN PADA SAPI DAN PENGOBATANNYA

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang sering menyerang ternak yang dipelihara secara tradisional. dan tergolong penyakit yang mudah ditangani tergantung dengan banyak sedikitnya cacing dalam tubuh.

Cacing Hati 

Jenis cacing yang menyerang adalah cacing hati, cacing pita, cacing gilig/nematoda. cacing yang menyerang sapi sebenarnya sangat banyak jenis nya, namun yang paling sering menyerang adalah jenis cacing hati dan cacing pita, biasanya disebabkan oleh kondisi pakan yang tidak bersih atau mengandung larva cacing. biasanya pada rumput hijauan. proses pengobatan biasanya dilakukan dengan melumpuhkan cacing sehingga cacing yang mati tersebut akan ikut keluar melalui kotoran sapi.

Cacing pita

ciri dan gejala umum yang tampak saat sapi terserang cacingan adalah :

  1. Sapi tidak nafsu makan 
  2. sapi terlihat kurus dari hari ke hari
  3. Susah buang air besar atau tidak teratur
  4. Diare berkepanjangan dan mencret
  5. Gerakan melemah dan mata sayu
  6. Nafas terengah-engah 
  7. Hidung dan mulut mulai kering

Pencegahan dan pengobatan penyakit cacingan pada ternak adalah

  1. Usahakan kandang tidak sering lembab
  2. Jangan terlalu sering menggembalakan sapi karena kita tidak bisa mengontrol kebersihan rumput yang dikonsumsi oleh sapi
  3. Sisa pakan dikandang jangan dibiarkan terlalu lama, segera buang atau oalh menjadi pupuk tanaman atau dikeringkan dan difermentasi 
  4. Berikan obat cacing secara rutin dan berkala (biasanya 2 bulan sekali)
  5. Obat yang biasanya digunakan oleh dokter hewan adalah dalam jenis benzimidazol, imidathiazol dan Avermectin ( konsultasikan dengan dokter hewan sebelum menggunakannya )
  6. Pengobatan tradisional dengan pemberian daun atau buah nanas. terutama untuk melumpuhkan cacing nematoda. untuk cacing lain bisa diberikan bawang putih karena sangat efektif dan tidak terdapat efek samping.

Anda Mungkin Menyukai

2 komentar