Swift

JENIS-JENIS PENYAKIT PADA SAPI

Hallo sobat ternak yang berbahagia, menanggapi berbagai pertanyaan dari pembaca mengenai penyakit sapi, kali ini saya selaku admin dari penggemuk sapi akan menuliskan artikel tentang jenis-jenis penyakit pada sapi dan cara pencegahan dan pengobatannya. karena dalam usaha ternak sapi potong maupun sapi perah terkadang penyakit datang dan menjadi masalah tersendiri bagi pelaku usaha ternak.


Maka dari itu para pelaku usaha ternak diharapkan dengan cermat mencegah penyakit dan mengetahui cara pengobatan yang benar, niscaya segala permasalahan tersebut akan dapat diminimalisir dan tidak perlu perlu menambah biaya produksi atau beban pengeluaran bagi para pengusaha dan peternak sapi.

Kita mulai pembahasan mengenai berbagai jenis penyakit sapi potong dan sapi perah secara umum. sapi sehat biasanya ditandai dengan keadaan dalam tubuh ternak tersebut dalam kondisi baik. kondisi dimana aliran cairan di dalam tubuhnya berfungsi dengan baik dalam mendukung penyusunan sel-selpenting didalamnya. dan dengan rutin selalu memperhatikan keadaan sapi serta lingkungan dengan cepat tanggap niscaya sapi akan selalu sehat dan normal.

Bila ada tanda-tanda yang tidak wajar pada sapi jangan terburu-buru kwatir, kita diagnosa dulu tanda-tandanya. bila perlu kita periksakan ke dokter hewan setempat untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang kesehatan hewan ternak kita.

Berikut adalah tabel yang menggambarkan tentang keadaan sapi yang sehat sebagai referensi bagi kita yang sedang menjalankan ternak sapi potong maupun sapi potong.


Beragam faktor bisa mempengaruhi kesehatan sapi, namun diantara faktor tersebut. lingkungan dan penularan yang merupakan faktor yang paling banyak membuat ternak atau sapi terserang penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati itu yang perlu kita garis bawahi. untuk faktor lingkungan yang perlu kita perhatikan adalah kelembaban kandang dan kebersiahan lantainya, posisi ventilasi dan aliran udara, apakah sinar matahari pagi masuk ke kandang dengan baik atau tidak. kemudian ketika kita memasukan pakan ke dalam kandang kita perlu cek satu per satu sapi kita apakah ada yang sakit atau tidak. apakah semua sehat tidak terkena penyakit apapun atau tidak.

Penularan penyakit biasanya sangat rentan pada  sapi potong maupun sapi perah, pakan juga merupakan salah satu faktor penyebab ternak terserang penyakit  oleh karena itu prosentase dan keseimbangan pakan maupun nutrisinya harus kita perhatikan karena pakan hijauan saja tentu tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi pada konsumsi vitamin, nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ternak. maka penambahan nutrisi, vitamin sangat perlu diperhatikan karena lengah dalam hal pakan sangat memungkinkan potensi keuntungan peternak juga akan berkurang karena pengobatan sapi tidak semudah yang kita bayangkan apalagi jika terlambat sapi bisa mati. untuk mencegah hal-hal tersebut diatas kontrol yang tepat harus kita lakukan tiap hari.

Sobat ternak sapi setelah kita memahami hal-hal tersebut diatas perlu juga kita memahami berbagai jenis penyakit yang sering menyerang sapi yang mana dalam artikel ini saya akan menyebutkan beberapa jenis penyakitnya diantaranya adalah.

  1.    Penyakit Antrax pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  2.    Penyakit Scabies / kudis pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  3.    Penyakit Cacingan pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  4.    Penyakit Ingusan pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  5.    Penyakit Ngorok pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  6.    Penyakit Demam pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  7.    Penyakit Mubeng pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  8.    Penyakit Kembung pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
  9.    Penyakit Kuku Busuk  pada sapi dan cara pengobatannya ==>> KLIK
Untuk informasi penyakit dan cara pengobatannya sobat ternak bisa klik di tulisan KLIK disitu akan kami jabarkan informasinya secara detail dan gamblang.
semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi peternak senior dan pemula.

Untuk informasi nutrisi penggemuk sapi bisa KLIK DISINI
terimakasih salam sukses ternak.

Anda Mungkin Menyukai

0 komentar