Swift

penggemukan kambing domba

TEHNIK BUDIDAYA KAMBING DOMBA ( KADO )

PENDAHULUAN

Peternakan kambing dan domba potong di indonesia masih berskala kecil sehingga perlu diusahakan secara komersial dan intensif. hal ini diperlukan karena adanya pertambahan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya sekitar 1,24% dan semakin meningkat daya beli masyarakat. Kebutuhan daging saat ini belum mencukupi permintaan, sehingga masih mengandalkan impor daging.
PT. NATURAL NUSANTARA dengan prinsip K-3 ( Kuantitas, Kualitas dan Kesehatan ) berupaya membantu budidaya kambing dan domba potong dengan sasaran peningkatan kualitas dan kuantitas daging.

PENGGEMUKAN

Penggemukan kambing dan domba adalah pemeliharaan kambing atau domba dewasa dalam keadaan kurus untuk ditingkatkan berat badannya melalui pembesaran daging dalam waktu relatif singkat ( 3-5 bulan )

www.penggemuksapi.com
BUDIDAYA KAMBING DOMBA

JENIS-JENIS KAMBING

A. kambing kacang, cirinya adalah badannya kecil dan relatif pendek, telinga pendek dan tegak, jantan betina memiliki tanduk, leher pendek dan punggung meninggi, warna bulu bervariasi ada yang hitam, coklat, merahatau belang hitam putih.

B. Kambing Peranakan Etawah (PE)
sasaran utama dari kambing PE pada dasarnya adalah penghasil susu, tetapi dapat digunakan juga sebagai penghasil daging, terutama setelah masa afkir.Ciri dari kambing ini adalah bagian hidung keatas melengkung, panjang telinga antara 15-30cm, menggantung kebawah dan sedikit kaku, warna bulu bervariasi antara hitam dan coklat, memiliki bulu tebal dan agak panjang dibawah leher dan pundak (jantan ), di bagian bawah ekor (betina).

JENIS-JENIS DOMBA

A.Domba Ekor Gemuk,
memiliki ciri bentuk ekor yang panjang , tebal dan besar dan semakin ke ujung makin kecil, tidak mempunyai tanduk, sebagian besar berwarna putih tetapi ada anaknya yang berwarna hitam dan kecoklatan.

B. Domba Ekor Tipis,
memiliki ciri  tubuh yang kecil, ekor relatif kecil dan tipis, bulu berwarna putih, tidak bertanduk (betina) bertanduk kecil dan melingkar (jantan)

PEMBIBITAN

Bibit bakalan yang baik untuk penggemukan adalah sebagai berikut :
umur antara 8bulan - 1tahun, ukuran badan normal, sehat, bulu bersih dam mengkilap, garis punggung dan pinggang lurus. keempat kaki lurus, kokoh, dan tumit terlihat tinggi, tidak ada cacat pada bagian tubuhnya, tidak buta, hidung bersih, mata tajam dan bersih, anus juga bersih.

PERKANDANGAN

Pada umumnya tipe kandang pada ternak kado adalah berbentuk panggung, kontruksinya dibuat panggung atau di bawah lantai kandang terdapat kolong tempat menampung kotoran. adanya kolong dapat menghindari dari kebecekan dan kontak langsung dengan tanah yang mungkin tercemar penyakit. lantai kandang di tinggikan antara 0,5-2m,

Bak pakan dapat ditempelkan pada dinding, ketinggian bak pakan antara kambing dan domba berbeda. bak pakan kambing dibuat agak tinggi, kira-kira sebahunya karena kebiasaan kambing memakan daun-daun perdu. untuk domba, dasar bak pakan horisontal dengan lantai kandang karena kebiasaan domba merumput. lantai kandang dibuat dari kayu papan atau belahan bambuyang disusun dengan jarak 2-3cm. dengan demikian kotoran dan air kencing mudah jatuh pada kolong sementar tracak atau kaki kado tidak terperosok atau terjepit. dasar kolomg kandang digali 20cm dibagian pinggirnya dan 30-50cm pada bagian tengah serta dibuatkan saluran yang menuju bak penampungan kotoran. kotoran kemudian dapat diproses menjadi pupuk kandang. Jagalah selalu kebersihan kandang.

www.penggemuksapi.com
BENTUK KANDANG


Pakan utama yang sering diberikan  berupa hijauan segar seperti rumput, legum ( daun lamtoro dan turi ) atau aneka hijauan seperti daun singkong, daun nangka dan daun pepaya, khusus legume dan aneka hijauan  sebelum diberikan pada ternak sebaiknya dilayukan dulu 2-3 jam dibawah terik matahari untuk menghilang kan racun pada hijaun tersebut.

Selain pakan hijauan dapat juga ditambah dengan pakan padat/konsentrat. jenis yang dapat digunakan adalah bekatul, ampas tahu, ketela pohon  yg udah dicacah,  jenis pakan tersebut mudah dan murah dibeli dengan sumbangan yang cukup lumayan untukkebutuhan nutrisinya. kebutuhan setiap ekor kira-kira 3kg per hari dengan komposisi 40% bekatul, 40% ampas tahu, 20% ketela  pohon. Tehnik pemberian kansentratdisarankan jangan bersamaan dengan pemberian hijauan, karena pakan ini mempunyai daya cerna dan kandungan nutrisi yang berbeda dengan hijauan. jumlah pemberian konsentrat sekitar 1kg /ekor/hari.

Selain pemberian rumput dan konsentrat, masih dibutuhkan pakan pelengkap yang mengandung gisiternak lengkap yang belum terdapat pada hijauan dan dankonsentrat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan produksi ternak. sehingga tujuan dan target dari budidaya ternak yaitu memiliki ternak dengan pertumbuhan optimal dan sehat dapat tercapai. sebagai pakan pelengkap maka PT.NATURAL NUSANTARA menghadirkan suplemen khusus ternak yaitu VITERNA Plus. Produk ini menggunakan teknologi asam aminoyang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh kambing/domba yaitu meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.

VITERNA Plus mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak, yaitu
 Asam-asam amino esensial yaitu Arginin, Hiistidn, leusin, isoleusin, dll sebagai penyusun protein tubuh, pembentuk sel dan organ tubuh. Vitamin lengkap yang berfungsi untuk berlangsungnya proses fisiologis tubuh yang normal dan meningkatan ketahanan tubuh kambing/domba dari serangan penyakit. mineral-mineral lengkap yaitu N, P, K, Ca, mg, CI dan lain-lain sebagai penyusun tulang, darah dan berperan dalam sintesis enzim untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Cara penggunaannya adalah dengan dicampurkan dalam air minum atau komboran pakan konsentrat dengan dosis  : 10cc atau 1tutup botol VITERNA Plus /ekor/hari. Penambahan VITERNA Plus tersebut dilakukan pada pemberian air minum atau komboran yang pertama.


PENGENDALIAN PENYAKIT

Tindakan pertama yang dilakukan pada usaha pemeliharaan KADO adalah melakukan pencegahan terjangkitnya penyakit pada ternak. beberapa langkah pencegahan adalah sebagai berikut : 
lahan yang dipakai untuk memelihara KADO harus bebas dari penyakit menular. kandang kado harus kuat, aman dan bebas penyakit. apabila digunakan kandang bekas kado yang terserang penyakit, kandang cukup dicucihamakan dengan desinfektan, kemudian dibiarkan beberapa saat. apabila kandang tersebut bekas kado sehat maka cukup dicuci dengan air biasa. kado yang baru masuk sebaiknya dimasukkan ke kandang karantina dulu dengan perlakuan khusus. ternak yang diduga bulunya membawa penyakit sebaiknya dimandikan dan digosok dengan larutan sabunkarbol, Neguvon, bacticol pour, triatex atau granade 5% EC dengan konsentrasi 4,5gr/3ltr air. 

Untuk membasmi kutu kado juga dapat dimandikan dengan larutan asuntol berkonsentrasi 3-6gr/3ltr air. kandang dan lingkungan tidak boleh lembab dan bebas dengan genangan air. kelembaban yang tinggi dan genangan air mengakibatkan perkembangan nyamuk dan hewan sejenis yang menggigit dan menghisap darah ternak. dilakukan vaksinasi secara teratur, vaksinasi bertujuan untuk mencegah terjangkitnya penyakit oleh virus. 

Beberapa penyakit yang menyerang kado adalah : penyakit parasit ( kudis, kutu, cacingan ), penyakit bakterial ( antarks, cacar mulut, busuk kuku ), penyakit virus ( Orf ), penyakit lain ( keracunan sianida, kembung perut, keguguran ),

Hal penting dalam pengendalian penyakit adalah meningkatkan kesehatan ternak dan kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya sertamonitoring/pengamatan secara kontinyu pada ternak sehingga apabila terdapat gejala penyakit, segera dapat diketahui jenis peyakit tersebut dan cara pencegahan dan pengobatannya.
  


Anda Mungkin Menyukai

1 komentar

  1. jual azolla bandung - telp / what apps : 0896 3650 3911
    sedia bibit azolla pengiriman seluruh NKRI / tanaman paku air per paket per 1kg

    kegunaan azolla :
    - penghijau dan penjernih air kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam semen, taman air
    - pakan alternatif alami ikan gurame, nila, mujair, mas, koi, lele, hias, belut, patin dll
    - pakan alternatif unggas : ayam, bebek, entog, angsa, broiler, pelung, bangkok, buras/kampung dll
    - pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit / kemarau
    - bahan baku pupuk hijau & kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut jadi sambil berkolam skalian punya stok pupuk sendiri..
    - sebagai alternatif pengurai air limbah / lahan kritis berair sperti : bekas galian c, air tpa sampah, penetral air kolam pemancingan, air selokan limbah industri rumahan tahu /tempe / makanan tradisional
    - penstabil keasaman air / PH dan kadar oksigen terutama kolam buatan : terpal, bak semen, toren cor tebar padat
    - kandungan dan kegunaan lain ny bisa cari di google

    what apps / sms / telp / bbm : (pasti dibales)
    salam hijau dan kembalikan tanah air sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia..

    BalasHapus