Swift

MANFAAT VITERNA KOMODITI SAPI POTONG

Manfaat Viterna pada budidaya sapi potong sangat erat sekali hubungannya. karena viterna sangat membantu dalam proses budidaya komoditi bidang peternakan guna mencukupi vitamin atau nutrisi pada peternakan baik sapi, kambing, ayam pedaging, ayam petelur, bebek dan lain sebagainya.

Berikut kami akan sedikit mengulas beberapa pertanyaan yang sering muncul dikalangan peternak mengenai manfaat viterna untuk peterenakan. Kami akan mengulas sedikit tentang hubungan antara viterna dengan komoditi sapi potong dan sapi perah.


https://www.facebook.com/obat.vitamin.ternak/
TERNAK ORGANIK

Beberapa pertanyaan yang sering muncul di kalangan peternak atau pembudidaya sapi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pertanyaan :

  • Semangat pagi pak, Faktor-faktor apa saja yang menentukan pertumbuhan sapi?
    Jawaban :
  • Faktor-faktor yang m,enentukan peertumbuhan sapi adalah bibit yang berkualitas, pakan yang lengkap, baik secara jumlah dan kandungan gizinya, pemeliharaan yang tepat, kebersihan kandang, program vaksinasi yang teratur, pencegahan dan pemantauan penyakit sedini mungkun dan kontinyu. Produk NASA yaitui Viterna, pocnasa, dan hormonik sangat bagus digunakan untuk melengkapi pakan sapi, dimana produk nasa mengandung protein, vitamin dan mineral.
2. Pertanyaan :

  • Bagaimana memilih bakalan sapi yang bagus untuk usaha penggemukan?
   Jawaban :

  • Carilah bakalan sapi yang berumur 1,5-2tahun, jenis kelamin jantan, tidak ada cacat pada tubuh, mata cerah, bulu bersih tidak kusam, nafsu makan bagus, gerakan lincah, sapi dalam kondisi sehat atau tidak sakit.
3. Pertanyaan :

  • Bagaimana mengatasi mata merah pada sapi?
    Jawaban :

  • Mata merah pada sapi dapat disebabkan iritasi atau infeksi, yang disebabkan karena terkena debu, tertular sapi lain atau gesekan mata pada dinding atau tiang pada kandang karena sapi merasa gatal pada matanya atau adanya lalat yang menempel.
  • cara penanganannya : segera berikan obat mata, dan jaga kebersihan kandang dan mandikan sapi secara teratur
4. Pertanyaan :

  • Bagaimana ukuran kandang sapi yang ideal dan baik untuk tipe kandang individu?
    Jawaban :

  • Kandang individu diperuntukan bagi 1ekor sapi, Ukuran disesuaikan dengamn ukuran tubuh sapi, biasanya kandang individu berukuran 2,5 x 1,5 meter. kandang seperti ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan sapi potong lebih pesat, karena sapi memiliki ruang gerak yang tidak terlalu luas sehingga pakan yang dikonsumsi sapi dapat lebih terarah pada pembentukan daging
5. Pertanyaan :

  •  Bagaimana cara pemberian pakan yang ideal untuk usaha penggemukan sapi ?
    Jawaban :

  • Pemberian pakan pada usaha penggemukan sapi adalah dengan mengkombinasikan antara pakan hijauan dengan konsentrat. Rasio pemberian hijauan dan konsentrat tergantung dari ketersediaan hijauan dilokasi penggemukan. jika hijauan yang tersedia berkualitas rendah seperti pucuk tebu atau jerami padi, rasio hijauan dan konsentrat adalah 60 : 40. jika hijauan berkualitas baik misalnya rumput gajah, setaria, lamtoro, gamal, dan kaliandra, rasio hijauan dan konsentrat cukup cukup 80:20 atau 70:30.
6. Pertanyaan :

  • Kenapa sapi bali setelah diberi produk NASA seperti Viterna, Pocnasa dan Hormonik setiap hari jadi diare, tapi kalau diberikan seminggu sekali tidak diare, kira - kira kenapa ya ?
    Jawaban :

  • Kondisi tiap sapi berbeda  sehingga kemampuan adaptasi terhadap suatu pakan baru juga berbeda. Sapi biasanya membutuhkan waktu 5-7hari untuk adaptasi terhadap pakan baru. Diare adalah suatu bentuk responsive dari tubuh terhadap pakan baru, jadi tidak perlu kwatir, hanya cara yang tepat untuk memberikan produk nasa pada sapi yang sudah besar atau diatas 5 bulan adalah dengan mencampurkan  produk nasa pada pakan basah atau komborannya. untuk 7 hari pertama berikan dengan dosis setengah dulu dari standarnya ( setengah tutup dari campuran 3 produk nasa tersebut per ekor perhari ) selanjutnya setelah seminggu baru diberikan dengan dosis standarnya.
7. Pertanyaan :

  • Apakah produk nasa dapat menyebabkan kemajiran pada sapi yang sedang bunting ?
   Jawabann :

  • Produk NASA seperti Viterna , Pocnasa dan Hormonik tidak menyebabkan kemajiran karena produk nasa  merupakan suplemen pakan ternak yang berasal dari bahan-bahan alami dan mengandung vitamin, mineral, dan beberapa unsur protein yang sangat bagus untuk menujang pertumbuhan janin dan kesehatan bagi induk sapi itu sendiri.
8. Pertanyaan

  • Produk NASA untuk penggemukan sapi potong apa saja dan bagaimana manfaatnya?
  Jawaban :

  • Produk NASA yang digunakan untuk sapi potong adalah Viterna, Pocnasa dan Hormonik.
  • Kandungan viterna, pocnasa dan hormonik : protein, mineral, dan vitamin ynag berasal dari bahan-bahan alami organik bukan kimia atau sistetik.
  • Cara pemakaian : ketiga produk tersebut dicampur dalam 1botol besar, untuk 1 tutup botol dari campuran tersebut di campur pada pakan basah atau komboran diberikan setiap hari pagi dan sore.
  • Untuk sapi yang sedang bunting, pemberian produk nasa dapat diberikan setiap hari selama 5bulan kebuntingan pertama, selanjutnya untuk umur kebuntingan 6 bulan sampai melahirkan, produk nasa dapat diberikan setiap 3 hari sekali sebagai pelengkap pakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada induknya.

  • Keunggulan produk NASA pada sapi potong :
  1. Berasal dari bahan alami/organik bukan dari bahan kimia/sintetik
  2. Merupakan pakan tambahan yang berperan sebagai sumber protein, mineral dan vitamin
  3. Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia/sitetik
  4. Meningkatkan nafsu makan
  5. Mempercepat adaptasi sapi terhadap pakan, pada saat pertama kali masuk kandang
  6. Mengurangi kesetresan pada sapi, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah sapi divaksinasi atau saat sapi dalam proses pengobatan
  7. Mempercepat pertumbuhan sapi. salah satu contoh : hasil daging yang diperoleh dengan berat hidup 390 kg sebesar 160 kg (41 % )
  8. Mengurangi bau kotoran
  9. Meningkatkan kesehatan sapi
  10. Meningkatkan kualitas daging sapi dengan warna lebih merah, padat dan rendah lemak.
9. Pertanyaan

  • Bagaimana cara pemberian produk NASA untuk penggemukan sapi?
    Jawaban :

  • Untuk penggemukan sapi , produk NASA yang digunakan adalah VITERNA, POCNASA, dan HORMONIK.
  • Cara pemakaian : pertama-tama ketiga produk NASA tersebut dicampur dalam satu botol yang lebih besar kemudian dikocok sampai tercampur rata, kemudian untuk pemberian 1 tutup botol campuran tersebut dicampurkan pada pakan basah atau komboran per ekor per hari atau per pemberian komboran.
10. Pertanyaan

  • Bagaimana RUMUS menaksir berat badan sapi ?
   Jawaban :

  • Menggunakan RUMUS SCHROOL : 
  • Berat badan sapi = (lingkar dada + 22)2 : 100.
  • Satuan berat badan (dalam KG) dan lingkar dada ( dalam CM)
Demikian sedikit ulasan dalam memulai usaha budidaya sapi potong yang perlu diperhatikan bagi para peternak pemula semoga bermanfaat.


www.penggemuksapi.com

informasi produk NASA
hubungi :

SUMADI 
ID NASA : N-367218
CALL/WA/LINE : 082137665887
BBM : 581D877B

Anda Mungkin Menyukai

0 komentar