Swift

PELEPAH SAWIT DAN SAPI POTONG


Pelepah sawit dan sapi potong apa hubungannya?
Indonesia adalah negara yang subur, semua tanaman bisa tumbuh didalamnya dan potensi ini sangat bagus untuk sebuah investasi dalam bidang perkebunan kelapa sawit dan untuk mencukupi kebutuhan daging dalam negeri, sangat memungkinkan juga untuk usaha budidaya peternakan sapi potong.

www.penggemuksapi.com
PELEPAH SAWIT PAKAN SAPI


Apa hubungannya kelapa sawit dengan peternakan sapi potong?

Di era baru yang penuh inovasi seperti saat ini untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi, ternyata dari semua sampah yang dihasilkan dari sisa tanaman sawit yaitu mulai dari pelepah sawit dan bungkil kelapa sawit bisa di olah menjadi pakan sapi yang sangat bagus untuk penggemukan sapi namun begitu tidak lepas dari itu semua PT.NATURAL NUSANTARA memberikan inovasi baru untuk menambah nutrisi agar pakan sapi dari pelepah sawit tersebut dapat mempunyai kandungan gizi dan nutrisi cukup untuk mempercepat penggemukan sapi. dan nutrisi tersebut adalah Viternaplus. dan tangguh probiotik sebagai fermentasinya.
PETERNAKAN SAPI 


Dalam bidang penggemukan sapi potong PT.NATURAL NUSANTARA telah bekerjasama dengan perusahaan perkebunan sawit di daerah sumatera utara untuk pengembangan budidaya penggemukan sapi potong guna memenuhi kebutuhan daging sapi di pasar wilayah sumatera utara dan sekitarnya dan indonesia pada umumnya. dimana semua pakan sapi tersebut dibuat dari sisa-sisa pengolahan buah kelapa sawit di perusahaan  dan pelepah kelapa sawit dari perkebunan serta ditambah dengan produk viterna dari nasa dimana bahan-bahan tersebut diolah menjadi 1 untuk dijadikan pakan atau konsentrat sapi.

Cara pembuatan pakan sapi dari sawit. 
  • Kita siapkan dulu bahan-bahannya diantaranya.
  1. pelepah daun kelapa sawit
  2. bungkil-bungkil kelapa sawit
  3. dedak atau bekatul
  4. larutan dari viterna, tangguh probiotik

  • Cara pengolahan bahan menjadi pakan sapi, 
Pelepah daun kelapa sawit dibersihkan duri-durinya dan dibelah menjadi dua belahan kemudian digiling dalam mesin penggiling sampai halus atau lembut, kemudian bungkil kelapa sawit juga dihaluskan dengan mesin penggiling juga, setelah semua halus kemudian campur bahan-bahan tersebut. pelepah dan bungkil yang sudah dihaluskan campur dengan dedak atau bekatul, kemudian semprot dengan campuran viterna, dan tangguh probiotik setelah itu baru diperam beberapa jam saja, dan pakan sapi siap dikonsumsi oleh sapi dan ternak lainnya.



Dalam proses pemeliharaan sapi potong, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal disarankan agar tiap-tiap memberi minum atau komboran supaya diberi larutan viterna, pocnasa dan hormonik yang telah di oplos menjadi satu larutan dalam satu botol besar, adapun dosisnya satu tutup botol untuk tiap-tiap memberi minum. dengan pemakaian produk nasa secara rutin serta didukung dengan pemberian pakan secara optimal, akan dicapai sebuah usaha penggemukan sapi yang sangat efektif dan cepat untuk memperoleh penghasilan yang di inginkan para peternak. serta mampu meningkatkan taraf hidup para petani peternak menjadi lebih baik serta mampu mencukupi kebutuhan daging dipasaran.


Demikian artikel  tentang pakan sapi dari pelepah dan sampah dari sisa tanaman dan buah sawit, semoga menjadikan inspirasi bagi para peternak sapi agar mampu memanfaatkan segala potensi yang ada disekitar mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup baik yang berupa pakan sapi maupun sampah organik di perkebunan kelapa sawit. semoga bermanfaat dan sukses

Anda Mungkin Menyukai

0 komentar