Swift

PENYAKIT SCABIES PADA SAPI DAN PENGOBATANNYA

Penyakit Scabies sering juga disebut penyakit Kudis atau bulug atau budug pada sapi. Scabies juga merupakan penyakit zoonoisis dan dapat menular pada manusia. biasanya disebabkan oleh alat dan kandang yang kotor. Kotoran tersebut biasanya mengandung tungau sarcoptes scabei. Ternak yang sehat biasanya tertular jika sudah terjadi kontak lansung dengan ternak atau sapi yang terkena scabies. biasanya hewan yang terserang skabies terkesan seperti hewan yang gatal-gatal.

Penyakit Scabies atau Kudis 


Ciri dan gejala scabies pada sapi umumnya adalah :

  1. Sapi sering menggigit bagian tubuhnya
  2. Terkadang mengosok-gosokan badannya pada kandang (menggaruk-garuk)
  3. Bulu rontok dan nanah mulai muncul pada bagian tubuh
  4. Karena ini merupakan penyakit kulit sapi, akan timbul kerak berwarna abu-abu pada bagian tubuh sapi dan kulit terkesan kaku.

Pencegahan dan Pengobatan penyakit Scabies pada sapi adalah

  1. Kandang usahakan berjauhan dengan rumah tinggal 
  2. Aliran udara dan sanitasi kandang usahakan bagus 
  3. Usahakan kandang sapi kering dan selalu bersih
  4. Hewan yang terkena scabies harus dipisahkan dan dikarantina
  5. Pengoatan yang aman biasanya dengan pemberian minyak kelapa dicampur dengan kapur barus kemudian gosokan pada kulit yang terkena.
  6. Serbuk belerang dicampur dengan kunyit dan minyak kelapa yang sudah dipanaskan, gosokkan pada kulit sapi, bisa juga digosok dengan air tembakau
  7. Sapi yang disembelih dan terkena scabies tetap dapat dikonsumsi dagingnya hanya saja buang bagian yang terkena tungau, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter hewan   

Anda Mungkin Menyukai

0 komentar