Swift

OBAT AGAR SAPI CEPAT GEMUK

Penggemukan sapi adalah pemeliharaan sapi dewasa dalam keadaan kurus untuk ditingkatkan berat badannya melalui pembesaran daging dalam waktu relatif singkat yaitu antara 2-4 bulan pemeliharaan.

obat agar sapi cepat gemuk dengan viterna pocnasa hormonik

Adapun faktor-faktor tehnis dalam sistem budidaya sapi potong ini yang perlu diperhatikan adalah.

PEMILIHAN BIBIT

Bibit bakalan sapi yang baik untuk penggemukan adalah sebagai berikut :

  1. Telah berumur minimal 1,5 tahun, lebih baik lagi bila sudah ber umur 2 tahundan berat badan sekitar 260-300 kg
  2. Mata tampak cerah dan bersih
  3. Tidak terdapat tanda-tanda terganggu pernafasannya serta dari hidung tidak keluar lendir
  4. Kukunya tidak terasa panas bila diraba
  5. Tidak terlihat adanya penyakit kulit parasit pada kulit dan bulunya
  6. Tidak terdapat tanda-tanda mencret pada bagian ekor dan dubur
  7. Tidak ada tanda-tanda kerusakan kulit dan kerontokan bulu.
  8. Untuk penggemukan sebaiknya memilih sapi jantan
Untuk jenis-jenis sapi potong unggul bisa KLIK DISINI terdapat 15 jenis sapi potong unggul yang siap dan sangat bagus untuk di budidayakan.

PAKAN DAN VITAMIN PENUNJANG.

Selain pemilihan bibit yang tepat faktor utama dalam penggemukan sapi potong adalah pada pakan dan vitamin ternak yang mendukung percepatan dalam budidaya sapi potong agar cepat gemuk dan cepat panen.

Pakan utama yang umum diberikan yaitu berupa hijuan segar seperti rumput gajah , rumput raja, legum(daun lamtoro dan daun turi) khusus legume dan aneka hijauan sebelum diberikan pada ternak sebaiknya dilayukan terlebih dahulu 2-3jam dibawah terik matahari untuk menghilangkan racun dan getah yang ada dalam hijuan tersebut.

Selain pakan hijaun dapat juga ditambah dengan pakan padat atau konsentrat jenis yang dapat digunakan adalah bekatul, ampas tahu, ketela pohon dengan komposisi 40% bekatul 40% ketela pohon dan 20% ampas tahu. adapun waktu pemberian pakan  diatur sehari 2x pagi dan sore dalam bentuk pakan hijuan dan konsentrat. jumlah pemberian hijuan adalah 10% dari bobot badan sapi dan jumlah pemberian konsentrat adalah 2% dari bobot badan sapi. dan sebaiknya konsentrat diberikan 2jam sebelum pemberian pakan hijuan,  tujuannya agar proses pencernakan berjalan secara optimal dan untuk merangsang aktivitas mikro organisme dalam rumen terutama bakteri selulolitik yang akan meningkatkan kecernaan bahan kering dan bahan organik pakan ternak.

Selain pemberian pakan hijauan dan konsentrat masih dibutuhkan pakan pelengkap yang mengandung gizi dan nutrisi ternak lengkap yang belum terdapat dalam hijauan dan konsentrat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan produksi ternak. maka PT.Natural Nusantara mengeluarkan pakan suplemen khusus ternak yaitu Viterna plus, Pocnasa, Hormonik.

paket penggemukan sapi potong unggul nasa

Produk ini menggunakan tehnologi vitamin, mineral dan probiotik yang diciptakan melalui pendekatan fisiologis tubuh sapi dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan sapi.
Viterna plus dan Pocnasa dan hormonik mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak sapi yaitu : 
  • Vitamin lengkap yang berfungsi untuk berlangsungnya proses fisiologis tubuh yang normal dan meningkatkan kekebalan tubuh sapi dari serangan penyakit.
  • Mineral-mineral lengkap lengkap sebagai penyusun tulang, darah dan berperan sebagai sintesis enzim untuk memeperlancar metabolisme dalam tubuh.
Cara pemakaian viterna pocnasa dan hormonik bisa baca lebih detail KLIK DISINI


Anda Mungkin Menyukai

0 komentar